Kurikulum

Kompetensi utama lulusan Prodi D-3 Farmasi berpedoman pada  Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Farmasi yang diterbitkan oleh Badan PPSDM No.HK.01.07/III/11676/2016 tanggal 30 Desember 2016. Kompetensi utama (Kurikulum Inti) lulusan Program Studi D-3 Farmasi  jenjang D3 adalah sebagai berikut:

  • Mampu melaksanakan pelayanan kefarmasian

Mampu menyelesaikan pelayanan resep (penerimaaan, skrinning administrasi, penyiapan dan peracikan sedian, pelayanan swamedikasi dan pengelolaan sedian farmasi, alat kesehatan, bahan medis habis pakai, sesuai etik dan aspek legal yang berlaku. Mata kuliah pendukung untuk mencapai kompetensi ini adalah Manajemen obat puskesmas, Sinonim dan bahasa latin, Simulasi apotek, Ilmu Komunikasi, Kewirausahaan.

  • Pelaksanaan Produksi sedian Farmasi

Mampu menguasai konsep dasar, prinsip teori dan praktik serta melakukan pekerjaan produksi sediaan farmasi yang meliputi menimbang, mencampur, mencetak, mengemas dan menyimpan dengan mengacu pada cara pembuatan obat yang baik (good manufacturing practice) sesuai dengan aspek legal yang berlaku. Mata kuliah pendukung untuk mencapai kompetensi ini adalah Preformulasi obat tradisional, Obat tradisional, Penerapan teknologi budidaya tanaman obat.

  • Pelaksana Distribusi Sedian Farmasi

Mampu melaksanakan distribusi sediaan farmasi, alat kesehatan, vaksin dan bahan medis habis pakai mengacu pada cara distribusi yang baik yang telah ditetapkan dengan etik dan aspek legal yang berlaku. Mata kuliah pendukung untuk mencapai kompetensi ini adalah Simulasi PBF.

  • Asisten Penelitian.

  Mampu menguasasi konsep metodologi peneltian, melakukan pengumpulan data , pengolahan data dan mnyusun laporan kasus dan/atau laporan kerja sesuai ruang lingkup penelitian kesehatan da/atau kefarmasian sesuai dengan aspek legal yang berlaku. Mata kuliah pendukung untuk mencapai kompetensi ini adalah Aplikasi Komputer

Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Farmasi yang diterbitkan oleh Badan PPSDM No.HK.01.07/III/11676/2016 tanggal 30 Desember 2016 sebanyak 37 Mata Kuliah yang terdiri dari 87 SKS. Serta ditambah dengan Kurikulum Institutional sebanyak 11 Mata Kuliah yang terdiri dari 21 SKS, Jadi total SKS yang ada di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Jambi adalah 108 SKS